Rapat Microsoft Teams lebih mudah dari Zoom ?

by - November 02, 2023

Cara Bergabung dengan Rapat Microsoft Teams Menggunakan ID Rapat

Microsoft Teams adalah platform komunikasi dan kolaborasi yang dirancang untuk digunakan di tempat kerja, bersama teman dan keluarga, atau di sekolah. Dengan Microsoft Teams, Anda dapat melakukan panggilan video, berbagi file, mengobrol, dan bekerja bersama dengan tim Anda secara online.

Salah satu fitur yang berguna dari Microsoft Teams adalah kemampuan untuk bergabung dengan rapat menggunakan ID rapat, yaitu kode unik yang terkait dengan setiap rapat. Dengan ID rapat, Anda tidak perlu memiliki undangan rapat atau tautan rapat untuk dapat berpartisipasi dalam rapat.

Berikut adalah langkah-langkah untuk bergabung dengan rapat Microsoft Teams menggunakan ID rapat:

  1. Buka aplikasi Microsoft Teams di perangkat Anda, baik melalui browser web, aplikasi desktop, atau aplikasi seluler.
  2. Di sebelah kiri layar, klik ikon Kalender untuk melihat jadwal rapat Anda.
  3. Di bagian atas layar, klik tombol Bergabung atau buat rapat tim.
  4. Di kotak dialog yang muncul, klik opsi Bergabung dengan ID rapat atau kode.
  5. Masukkan ID rapat atau kode yang telah Anda dapatkan dari penyelenggara rapat atau peserta lainnya. ID rapat biasanya terdiri dari 10 digit angka.
  6. Klik tombol Bergabung sekarang untuk memulai rapat.

Anda juga dapat bergabung dengan rapat Microsoft Teams menggunakan ID rapat melalui panggilan telepon. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Hubungi nomor telepon yang tercantum di undangan rapat atau tautan rapat.
  2. Masukkan ID rapat atau kode yang telah Anda dapatkan dari penyelenggara rapat atau peserta lainnya, diikuti oleh tanda pagar (#).
  3. Ikuti petunjuk suara untuk bergabung dengan rapat.

Fitur Menarik dari Microsoft Teams

Microsoft Teams menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat meningkatkan pengalaman rapat dan kolaborasi Anda. Beberapa fitur tersebut adalah:

  • Video konferensi: Anda dapat melakukan panggilan video dengan hingga 10.000 orang sekaligus, baik mereka bagian dari organisasi Anda atau pihak eksternal, dan menawarkan waktu panggilan tanpa batas.
  • Tab: Anda dapat menambahkan tab ke saluran Anda untuk mengakses aplikasi dan layanan yang relevan dengan pekerjaan Anda, seperti Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Planner, dan lainnya.
  • Opsi status: Anda dapat mengatur status Anda untuk memberi tahu orang lain apakah Anda tersedia, sibuk, jangan ganggu, atau tidak aktif.
  • Tugas: Anda dapat mengatur tugas Anda di Microsoft Loop untuk melacaknya di berbagai aplikasi. Anda dapat mengedit komponen daftar tugas Anda di Outlook atau Teams untuk melihat perubahan sinkronisasi di seluruh Microsoft Planner dan To Do.
  • Mode Bersama: Anda dapat bertemu di depan latar belakang animasi dan dinamis untuk pengalaman virtual yang lebih imersif selama rapat Teams. Sebelum rapat Anda, pilih Efek dan Avatar > Efek Video di layar pra-bergabung. Kemudian, pilih latar belakang dengan ikon video di sudut gambar pratinjau.
  • Pembaca Imersif Microsoft: Anda dapat menggunakan Pembaca Imersif Microsoft untuk membantu membaca dan memahami pesan teks dan konten lainnya di Teams. Pembaca Imersif Microsoft menawarkan fitur seperti sintesis suara, peningkatan ukuran font, penyorotan kata dan baris, pemecahan kata menjadi suku kata, dan terjemahan.
  • Perintah garis miring: Anda dapat menggunakan perintah garis miring untuk melakukan tindakan cepat di Teams, seperti mengubah status Anda, memulai panggilan langsung, mencari orang atau file, dan lainnya.
  • Komuter virtual: Anda dapat menggunakan fitur komuter virtual untuk merencanakan dan merefleksikan hari kerja Anda, serta mengatur batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Anda dapat menetapkan tujuan, meninjau tugas, mengevaluasi suasana hati, dan melakukan meditasi terpandu.
  • Keamanan: Anda dapat memanfaatkan fitur keamanan dan privasi yang canggih dari Microsoft Teams, seperti enkripsi data, otentikasi multifaktor, kontrol akses berbasis peran, dan kepatuhan terhadap standar industri.
  • TellMe Bot: Anda dapat menggunakan TellMe Bot untuk mendapatkan bantuan dan informasi tentang Teams, seperti cara menggunakan fitur tertentu, menemukan konten yang relevan, atau mendapatkan saran tentang cara meningkatkan produktivitas Anda.

Kelebihan Microsoft Teams dibandingkan dengan Zoom

Microsoft Teams dan Zoom adalah dua penyedia solusi video konferensi yang paling populer saat ini. Kedua penyedia ini menawarkan tingkat kualitas yang tinggi dan serangkaian fitur yang sebanding. Namun, ada beberapa kelebihan yang dimiliki Microsoft Teams dibandingkan dengan Zoom, antara lain: Integrasi: Microsoft Teams sepenuhnya terintegrasi dengan Microsoft 365, yang mencakup layanan seperti Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, dan lainnya. Ini memudahkan pengguna untuk mengakses dan mengedit dokumen secara bersamaan tanpa harus beralih antara beberapa program. 

Microsoft Teams juga mengakomodasi berbagai integrasi pihak ketiga dan memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengintegrasikan aplikasi mereka sendiri melalui platform pengembang Teams. Zoom juga menawarkan integrasi dengan berbagai aplikasi dan layanan, tetapi tidak sebanyak Microsoft Teams.

  • Kapasitas: Microsoft Teams memungkinkan pengguna untuk membuat hingga 1.000 saluran standar atau bersama dalam tim baru dan yang sudah ada, tanpa kehabisan ruang atau harus membuat tim lain untuk kelompok kerja mereka. Dukungan saluran pribadi segera hadir. Zoom memiliki batas 200 saluran per akun.
  • Webinar: Microsoft Teams memungkinkan pengguna untuk menyelenggarakan webinar langsung dengan Microsoft 365 Business Standard plan, yang juga mencakup aplikasi desktop Microsoft dan aplikasi bisnis lainnya. Zoom memerlukan rencana Zoom Events and Webinar yang terpisah untuk menyelenggarakan webinar.
  • Transkrip rapat: Microsoft Teams menyediakan transkrip rapat untuk rapat yang dijadwalkan dengan rencana berbayar, yang dapat membantu pengguna untuk meninjau rapat atau berbagi informasi dengan orang lain. Zoom hanya menyediakan transkrip rapat pada rencana Bisnis dan Enterprise.

You May Also Like

0 komentar