Review Buku Blue Ocean Strategy

by - September 28, 2023

Blue Ocean Strategy: Cara Menciptakan Pasar Baru Tanpa Persaingan

Apakah Anda merasa jenuh dengan persaingan bisnis yang semakin ketat? Apakah Anda ingin menemukan peluang baru yang belum dimanfaatkan oleh pesaing Anda? Jika ya, maka Anda perlu membaca buku Blue Ocean Strategy karya W. Chan Kim dan Renee Mauborgne.

Buku ini merupakan salah satu buku strategi bisnis yang paling ikonik dan berdampak yang pernah ditulis. Buku ini mengajukan argumen bahwa persaingan sengit hanya akan menghasilkan lautan merah yang penuh dengan rival yang berebut pangsa pasar yang semakin menyusut. Berdasarkan studi 150 langkah strategis, yang mencakup lebih dari 100 tahun di 30 industri, penulis menunjukkan bahwa kesuksesan berkelanjutan tidak datang dari mengalahkan pesaing, tetapi dari menciptakan lautan biru, yaitu pasar baru yang belum tersentuh dan siap untuk tumbuh.

Pencapaian

Buku ini telah diterima oleh organisasi dan industri di seluruh dunia, dan telah terjual lebih dari 4 juta kopi, diterbitkan dalam 46 bahasa, dan menjadi buku terlaris di lima benua. Pertama kali diterbitkan pada tahun 2005, buku ini kemudian diperbarui dan diperluas dengan konten segar pada tahun 2015.

Dalam buku ini, Anda akan belajar tentang konsep-konsep penting seperti value innovation, strategy canvas, four actions framework, eliminate-reduce-raise-create grid, three tiers of noncustomers, six paths framework, tipping point leadership, fair process, dan lain-lain. Konsep-konsep ini akan membantu Anda untuk menganalisis situasi bisnis Anda saat ini, mengidentifikasi peluang lautan biru, merumuskan strategi lautan biru, dan menerapkan serta menjaga strategi lautan biru Anda.

Contoh Nyata

Buku ini juga dilengkapi dengan banyak contoh nyata dari berbagai industri dan negara yang telah berhasil menciptakan lautan biru mereka sendiri. Beberapa contoh tersebut antara lain adalah Cirque du Soleil yang menciptakan pasar baru untuk sirkus dengan menggabungkan seni pertunjukan dan musik, Southwest Airlines yang menawarkan penerbangan murah dengan konsep unik, Nintendo Wii yang menarik segmen konsumen baru dengan menyediakan pengalaman bermain game yang berbeda, dan Yellow Tail yang merevolusi industri anggur dengan menyederhanakan produk dan prosesnya.

Buku ini sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kinerja bisnis mereka dengan cara yang inovatif dan berbeda. Buku ini akan memberikan Anda panduan praktis dan inspirasi untuk menciptakan lautan biru Anda sendiri. Buku ini juga akan membuka wawasan Anda tentang kemungkinan-kemungkinan baru yang ada di sekitar Anda.

Jika Anda tertarik untuk membaca buku Blue Ocean Strategy, Anda bisa mendapatkannya di toko buku online atau offline terdekat. Anda juga bisa mengunjungi situs resmi buku ini di blueoceanstrategy.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang buku ini, termasuk video, podcast, artikel, alat-alat, dan studi kasus.

You May Also Like

0 komentar