Review Buku The Subtle Art of Not Giving a F*ck

by - September 23, 2023

Cara Hidup Bahagia dengan Cara yang Tidak Biasa

Apakah Anda merasa hidup Anda penuh dengan masalah? Apakah Anda merasa tidak puas dengan apa yang Anda miliki? Apakah Anda merasa terus-menerus mencari sesuatu yang lebih baik, lebih besar, dan lebih bahagia? Jika jawaban Anda ya, maka buku ini adalah untuk Anda.

The Subtle Art of Not Giving a F*ck adalah buku self-help yang ditulis oleh Mark Manson, seorang penulis dan blogger asal Amerika. Buku ini menantang konvensi self-help yang biasanya mengajak pembaca untuk berpikir positif, mengejar impian, dan menjadi orang spesial. Sebaliknya, buku ini mengajak pembaca untuk tidak mencoba terlalu keras, mengatakan tidak lebih sering, dan memeluk pemikiran negatif.

Mengapa demikian? Karena menurut Manson, kebahagiaan bukanlah sesuatu yang bisa dicapai dengan mudah. Kebahagiaan adalah hasil dari bagaimana kita menangani masalah-masalah yang ada di hidup kita. Dan masalah-masalah itu tidak akan pernah habis. Jadi, daripada menghindari atau menolak masalah, kita harus memilih masalah yang layak untuk kita hadapi. Dan cara memilih masalah yang layak itu adalah dengan tidak peduli tentang hal-hal yang tidak penting, tidak benar, dan tidak berada di bawah kendali kita.

Sembilan BAB

Buku ini terdiri dari sembilan bab, yang masing-masing membahas satu subtansi dari seni tidak peduli. Subtansi-subtansi itu adalah:

  • Jangan mencoba. Ini berarti jangan mencoba menjadi orang lain atau menjadi orang yang sempurna. Jadilah diri sendiri dan terima kekurangan Anda.
  • Kebahagiaan adalah sebuah masalah. Ini berarti kebahagiaan bukanlah tujuan akhir, melainkan proses berkelanjutan. Dan proses itu melibatkan menghadapi masalah-masalah yang membuat kita tumbuh dan berkembang.
  • Anda tidak spesial. Ini berarti jangan merasa bahwa Anda lebih baik atau lebih buruk dari orang lain. Sadari bahwa Anda adalah manusia biasa yang memiliki kelebihan dan kekurangan.
  • Nilai-nilai buruk. Ini berarti jangan peduli tentang hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai pribadi Anda. Nilai-nilai buruk adalah hal-hal seperti popularitas, uang, atau penampilan fisik.
  • Anda selalu salah tentang segalanya. Ini berarti jangan percaya bahwa Anda tahu segalanya atau selalu benar. Bersikap terbuka untuk belajar dari pengalaman dan orang lain.
  • Tanggung jawab atas emosi Anda. Ini berarti jangan menyalahkan orang lain atau keadaan atas perasaan Anda. Sadari bahwa Anda memiliki pilihan untuk merespons apa yang terjadi pada Anda.
  • Gagal lebih baik daripada menyesal. Ini berarti jangan takut untuk mencoba hal-hal baru atau mengambil risiko. Pelajari dari kesalahan Anda dan jadikan sebagai peluang untuk berkembang.
  • Pentingnya mengatakan tidak. Ini berarti jangan setuju dengan segala sesuatu atau mencoba menyenangkan semua orang. Berani menolak hal-hal yang tidak sesuai dengan prioritas atau batas Anda.
  • Dan akhirnya...Anda akan mati. Ini berarti jangan lupa bahwa hidup Anda adalah singkat dan berharga. Gunakan waktu Anda dengan bijak dan pedulilah hanya tentang hal-hal yang benar-benar penting bagi Anda.

Buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang lugas, lucu, dan provokatif. Manson menggunakan banyak contoh nyata, anekdot, kutipan, dan referensi dari berbagai sumber untuk mendukung argumennya. Buku ini juga ramah SEO website karena menggunakan kata kunci yang relevan, judul yang menarik, paragraf yang pendek, dan subjudul yang informatif.

Secara keseluruhan, buku ini adalah buku self-help yang berbeda dari yang lain. Buku ini tidak memberikan solusi mudah atau janji-janji palsu, melainkan memberikan pandangan yang realistis dan jujur tentang hidup. Buku ini cocok untuk Anda yang ingin hidup bahagia dengan cara yang tidak biasa.

You May Also Like

0 komentar