Growth mindset, pentingkah ?

by - September 09, 2023

Growth mindset adalah sikap yang percaya bahwa kemampuan dan bakat seseorang dapat ditingkatkan melalui usaha, belajar, dan ketekunan. Orang yang memiliki growth mindset tidak terbatas oleh anggapan bahwa mereka sudah ditakdirkan untuk memiliki kecerdasan atau kreativitas tertentu. Sebaliknya, mereka selalu berusaha untuk meningkatkan diri mereka dengan menghadapi tantangan, menerima umpan balik, dan belajar dari kegagalan dan kesalahan.

Seberapa penting growth mindset? 

Growth mindset sangat penting untuk kesuksesan pribadi dan profesional. Berikut adalah beberapa manfaat dari memiliki growth mindset:

  • Membuat Anda lebih optimis dalam melihat peluang hidup, tidak peduli seberapa sulit atau mustahil situasinya. Anda tidak menyerah ketika menghadapi kesulitan, tetapi melihat nilai dan tujuan di balik setiap rintangan yang Anda hadapi.
  • Membuat Anda lebih mampu mengatasi tantangan dengan kerja keras dan strategi yang efektif. Orang yang memiliki growth mindset melihat kesulitan sebagai hal yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan mereka, dan mereka bersedia bekerja keras untuk mencapai tujuan mereka.
  • Membuat Anda lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah. Orang yang memiliki growth mindset merasa diberdayakan oleh masalah, dan mereka bersedia berusaha untuk menemukan solusi. Mereka tidak takut menghadapi hal-hal yang sulit, dan ini sering menjadi salah satu pendorong inovasi dan kreativitas.
  • Membuat Anda lebih berenergi dalam menjalani hidup. Dengan selalu melihat hidup sebagai kesempatan, Anda dapat mendapatkan dorongan energi yang besar. Bahkan ketika Anda tidak merasa sehat, mengetahui bahwa ada nilai di setiap tantangan yang Anda hadapi dapat membantu Anda menemukan motivasi untuk maju terus.
  • Membuat Anda lebih seimbang dalam hidup. Keseimbangan adalah konsep yang mencakup banyak hal; ada yang berpendapat bahwa ketidakseimbangan hidup telah menyebabkan segala macam masalah, mulai dari kemiskinan hingga perpecahan hingga pemanasan global. Growth mindset dapat membantu Anda berdamai dengan gagasan bahwa terkadang mendapatkan apa yang Anda inginkan tidak selalu mungkin, dan bahwa ada nilai di semua hal yang kita temui.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengembangkan growth mindset:
  • Akui dan peluk kekurangan Anda. Menyembunyikan kelemahan Anda berarti Anda tidak akan pernah mengatasinya. Jadilah jujur dengan diri sendiri tentang apa yang perlu Anda perbaiki, dan cari cara untuk melakukannya.
  • Lihat tantangan sebagai peluang. Memiliki growth mindset berarti menikmati kesempatan untuk meningkatkan diri. Pelajari hal-hal baru, coba hal-hal baru, dan tantang diri Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda.
  • Coba taktik belajar yang berbeda. Tidak ada satu cara yang benar untuk belajar. Temukan metode yang sesuai dengan gaya dan tujuan belajar Anda, dan jangan takut untuk bereksperimen. Cobalah belajar dengan cara visual, auditori, kinestetik, atau campuran dari semuanya.
  • Ambil risiko dan peluk kesalahan. Salah satu cara tercepat untuk mengembangkan growth mindset adalah dengan mengambil risiko dan menerima kesalahan. Percayalah bahwa ketika Anda terbuka untuk pengalaman baru dan bersedia gagal, Anda lebih mungkin menemukan kesuksesan.
  • Tetap bertahan melalui kesulitan dan tangguh. Ketangguhan adalah bahan kunci dari growth mindset. Jangan biarkan rasa frustrasi atau putus asa menghentikan Anda dari mencapai tujuan Anda. Ingatlah bahwa setiap kesulitan adalah pelajaran yang berharga, dan bahwa Anda dapat bangkit dari setiap kegagalan.
  • Rayakan kemajuan dan prestasi Anda. Memiliki growth mindset tidak berarti Anda harus meremehkan diri sendiri atau tidak puas dengan apa yang telah Anda capai. Sebaliknya, Anda harus mengakui dan menghargai usaha dan hasil Anda. Beri diri Anda pujian, hadiah, atau waktu istirahat ketika Anda berhasil melakukan sesuatu.
  • Mintalah umpan balik dan belajar darinya. Umpan balik adalah salah satu sumber belajar terbaik yang ada. Mintalah umpan balik dari orang lain yang dapat memberi Anda saran konstruktif dan bermanfaat tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan kinerja atau keterampilan Anda. Dengarkan umpan balik dengan pikiran terbuka, dan terapkan apa yang relevan bagi Anda.
  • Terinspirasi oleh orang lain yang berhasil. Daripada merasa iri atau minder dengan orang lain yang berhasil di bidang yang sama dengan Anda, cobalah untuk terinspirasi oleh mereka. Pelajari bagaimana mereka mencapai tujuan mereka, apa tantangan yang mereka hadapi, dan apa pelajaran yang mereka dapatkan. Jadikan mereka sebagai model atau mentor bagi Anda.

Growth mindset adalah salah satu kunci untuk sukses di dunia bisnis/karir professional yang cepat berubah saat ini. Dengan memiliki growth mindset, Anda dapat mengubah dan mengembangkan hidup Anda dengan mudah.

You May Also Like

0 komentar