Nilai Egaliter dan Birokrasi

by - Agustus 28, 2023

Egaliter adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Prancis égal yang berarti sama atau sederajat. Egaliter adalah sebuah konsep atau prinsip yang menekankan bahwa semua manusia memiliki nilai dasar atau status moral yang setara, tanpa membedakan jenis kelamin, ras, agama, kelas, atau faktor lainnya. Egaliter juga berhubungan dengan hak-hak politik, ekonomi, sosial, dan sipil yang sama bagi semua orang. 

Egaliter adalah salah satu nilai yang dianut oleh banyak aliran pemikiran dalam filsafat politik, seperti komunisme, liberalisme, humanisme, dan feminisme. Egaliter juga merupakan salah satu motto resmi pemerintah Prancis, yaitu "Liberté, égalité, fraternité" (Kebebasan, kesetaraan, persaudaraan). Egaliter juga terkandung dalam beberapa dokumen penting dalam sejarah dunia, seperti Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat yang menyatakan bahwa "Semua manusia diciptakan setara" dan Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga Negara Prancis yang menyatakan bahwa "Manusia dilahirkan dan tetap bebas dan setara dalam hak-haknya".

Egaliter juga merupakan salah satu prinsip dalam Islam, yang mengajarkan bahwa semua manusia adalah makhluk Allah yang sama di hadapan-Nya. Islam tidak mengenal perbedaan kasta, warna kulit, atau nasab. Islam menghormati semua manusia sebagai khalifah Allah di bumi dan memberikan hak-hak yang adil bagi semua orang. Islam juga menentang segala bentuk penindasan, diskriminasi, atau ketidakadilan terhadap sesama manusia.

Penerapan nilai egaliter dalam birokrasi di Indonesia

Salah satu dampak positif penerapan nilai egaliter dalam birokrasi di Indonesia adalah meningkatnya kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh aparatur birokrasi pemerintah. Nilai egaliter adalah nilai yang menekankan bahwa semua manusia memiliki nilai dasar atau status moral yang setara, tanpa membedakan jenis kelamin, ras, agama, kelas, atau faktor lainnya. Nilai egaliter juga berhubungan dengan hak-hak politik, ekonomi, sosial, dan sipil yang sama bagi semua orang.

Jika nilai egaliter diterapkan dalam birokrasi, maka aparatur birokrasi pemerintah akan menghormati dan menghargai setiap warga negara sebagai penerima layanan publik, tanpa diskriminasi atau favoritisme. Aparatur birokrasi pemerintah juga akan bersikap profesional, transparan, akuntabel, dan responsif dalam memberikan layanan publik yang berkualitas, sesuai dengan standar dan prosedur yang berlaku. Aparatur birokrasi pemerintah juga akan menjalin kerjasama dan koordinasi yang harmonis dengan instansi lain, serta menghilangkan ego sektoral atau kepentingan pribadi.

Dengan demikian, penerapan nilai egaliter dalam birokrasi dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap pemerintah, serta mengurangi praktik-praktik negatif seperti korupsi, kolusi, nepotisme, suap, atau maladministrasi. Penerapan nilai egaliter dalam birokrasi juga dapat mendukung terwujudnya reformasi birokrasi yang bertujuan untuk membentuk pemerintahan yang baik (good governance) dan berkelas dunia (world class government).

Source: 

  • Ombudsman RI dan Kultur Birokrasi di Indonesia. https://www.ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--ombudsman-ri-dan-kultur-birokrasi-di-indonesia.
  • IMPLEMENTASI REFORMASI BIROKRASI MELALUI REVOLUSI MENTAL BIROKRASI .... https://www.menpan.go.id/site/cerita-sukses-rb/implementasi-reformasi-birokrasi-melalui-revolusi-mental-birokrasi-sebagai-upaya-membentuk-pemerintahan-berkelas-dunia.
  • Gaya Kepemimpinan Egaliter: Pengertian, Ciri, dan Contohnya - Finansialku. https://www.finansialku.com/gaya-kepemimpinan-egaliter/.
  • undefined. http://www.ti.or.id/index.php/publication/category/research.
  • Arti kata egaliter - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.web.id/egaliter.
  • Egalitarianisme - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Egalitarianisme.
  • Pengertian Egaliter - Kanal Pengetahuan dan Informasi. https://www.kanalpengetahuan.com/pengertian-egaliter.
  • Bagaimana Prinsip Egaliter Dalam Islam - DalamIslam.com. https://dalamislam.com/info-islami/prinsip-egaliter-dalam-islam.

You May Also Like

0 komentar