Pendidikan Lalu Lintas sudah ideal ?

by - Maret 23, 2019

Pendidikan lalu lintas adalah usaha sadar untuk menumbuhkan kesadaran tertib lalu lintas, sehingga peserta didik mampu mengendalikan atau mengurangi timbulnya kecelakaan lalu lintas. Pendidikan lalu lintas menfokuskan pada penanaman pengetahuan tentang tata cara berlalu lintas dan menanamkan nilai-nilai etika dan budaya tertib berlalu lintas dan membangun perilaku pada generasi muda. Pendidikan lalu lintas di sekolah dapat dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, dengan menyisipkan materi pendidikan lalu lintas pada mata pelajaran yang relevan, seperti Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pendidikan lalu lintas di sekolah memiliki beberapa tujuan, antara lain agar generasi muda secara sadar mampu mengimplementasikan sistem nilai yaitu etika dan budaya berlalu lintas yang aman, santun, selamat, tertib dan lancar yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari; mengubah perilaku pemakai jalan; menurunkan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas; dan memberikan informasi tentang lalu lintas¹. Pusat Pendidikan Lalu Lintas adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak perwira Polri, Bintara Polri berkualifikasi Lalu Lintas.


Pendidikan lalu lintas sangat penting untuk membentuk generasi yang bertanggung jawab, disiplin, dan beretika dalam berlalu lintas. Pendidikan lalu lintas dapat membantu mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dapat merugikan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan. Pendidikan lalu lintas juga dapat meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai pengguna jalan, serta menghormati aturan dan norma yang berlaku. Pendidikan lalu lintas merupakan salah satu upaya untuk menciptakan lalu lintas yang aman, nyaman, dan lancar bagi semua pihak.

Dimulai sejak umur berapa ? 

Pendidikan lalu lintas harus mulai diajarkan sejak usia dini, yaitu sejak anak-anak berada di bangku Taman Kanak-Kanak (TK) atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran tertib lalu lintas, mengubah perilaku pemakai jalan, menurunkan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, dan memberikan informasi tentang lalu lintas. Pendidikan lalu lintas di usia dini dapat dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, dengan menyisipkan materi pendidikan lalu lintas pada mata pelajaran yang relevan, seperti Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pendidikan lalu lintas di usia dini juga dapat dilakukan dengan cara mengenalkan anak pada apa saja yang ada di ruang lalu lintas, seperti rambu-rambu, kendaraan, pejalan kaki, dan lain-lain. Selain itu, anak-anak juga dapat dibawa berkunjung ke taman lalu lintas untuk mempraktikkan secara langsung apa yang sudah diajarkan. Pendidikan lalu lintas di usia dini juga membutuhkan peran orang tua sebagai contoh dan pengawas bagi anak-anak. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pendidikan berlalu lintas harus diberikan sejak usia dini agar gampang diingat dan membekas di hati anak-anak.

Kondisi ideal di lingkungan dengan pendidikan lalu lintas yang baik adalah kondisi yang aman, menyenangkan, dan menantang bagi peserta didik. Lingkungan yang aman berarti lingkungan yang bebas dari ancaman, gangguan, dan bahaya yang dapat mengganggu proses belajar mengajar. Lingkungan yang menyenangkan berarti lingkungan yang memberikan kenyamanan, kegembiraan, dan kepuasan bagi peserta didik. Lingkungan yang menantang berarti lingkungan yang memberikan stimulus, tantangan, dan motivasi bagi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi mereka.

Salah satu aspek penting dalam menciptakan kondisi ideal di lingkungan dengan pendidikan lalu lintas yang baik adalah pengintegrasian pendidikan lalu lintas pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Pendidikan lalu lintas bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran tertib lalu lintas, mengubah perilaku pemakai jalan, menurunkan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, dan memberikan informasi tentang lalu lintas¹. Pendidikan lalu lintas dapat dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, dengan menyisipkan materi pendidikan lalu lintas pada mata pelajaran yang relevan, seperti PPKn². Pendidikan lalu lintas di sekolah juga harus didukung oleh peran orang tua, guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dinas pendidikan, dan pihak-pihak terkait lainnya.
Dengan demikian, kondisi ideal di lingkungan dengan pendidikan lalu lintas yang baik dapat terwujud jika ada kerjasama dan komitmen dari semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan. Hal ini akan membentuk generasi muda yang bertanggung jawab, disiplin, dan beretika dalam berlalu lintas.

Source: 
  • Lingkungan Aman, Menyenangkan, dan Menantang, Ideal untuk Pendidikan Anak. https://mediaindonesia.com/humaniora/198038/lingkungan-aman-menyenangkan-dan-menantang-ideal-untuk-pendidikan-anak.
  • Pendidikan lalu lintas - Standar Berlalu Lintas yang Baik ... - Studocu. https://www.studocu.com/id/document/ssekolah-menengah-atas-negeri-10-fajar-harapan/pendidikan-pancasila/pendidikan-lalu-lintas/38991612.
  • Edisi Revisi - Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudaya. https://repositori.kemdikbud.go.id/5192/1/7-Model-Pengintegrasian-Pendidikan-Lalu-Lintas_Kelas-VII-SMP-MTs.pdf.
  • Edukasi Lalu Lintas Sejak Usia Dini - Kompasiana. https://www.kompasiana.com/karenabersepedaitubaik9690/62962047ce96e570d26eb0e2/edukasi-lalu-lintas-sejak-usia-dini.
  • Edukasi Tertib Berlalu Lintas Harus Diajarkan sejak Dini. https://www.kompasiana.com/rioredondo4043/6363ecb345274b2c5c3b49c2/edukasi-tertib-berlalu-lintas-harus-diajarkan-sejak-dini.
  • Menhub Ingin Pendidikan Lalu Lintas Diajarkan Sejak Dini: Agar Gampang .... https://kumparan.com/kumparannews/menhub-ingin-pendidikan-lalu-lintas-diajarkan-sejak-dini-agar-gampang-diingat-1y86BtCJXFk.
  • PENDIDIKAN LALU LINTAS (PLL) DI SEKOLAH - Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/mr_li/55098361a33311a64e2e3a33/pendidikan-lalu-lintas-pll-di-sekolah.
  • MODUL INTEGRASI PENDIDIKAN LALULINTAS SD,SMP,SMA. | FileNya. https://www.filenya.com/2016/10/modul-integrasi-pendidikan-lalulintas.html.
  • Pusat Pendidikan Lalu Lintas - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia .... https://id.wikipedia.org/wiki/Pusat_Pendidikan_Lalu_Lintas.

You May Also Like

0 komentar