Ciri fisik Sang Imam keturunan Rasulullah S.A.W

by - Oktober 03, 2018

Bismillah.

Banyak orang mengaku sebagai imam Mahdi, yang bisa jadi hanya bermodal mimpi, kemudian di pagi hari ketika terbangun dia mengumumkan kepada khalayak muslim, Seolah-olah dia adalah Sang imam yang ditunggu, Subhanallah. Maka dari itu dapat ditarik kesimpulan kebodohan membuat seseorang buta. Buta logika dan nurani. Sehingga mendekatkan kejurang 

Banyak hadits sahih yang menerangkan kemunculannya di akhir zaman. Syaikh Abdul Muhsin Al-‘Abbad hafizhahullah pernah meneliti hadits-hadits tentang Imam Mahdi, kemudian beliau menemukan kesimpulan bahwa ada 26 sahabat yang meriwayatkan hadits tentang Imam Mahdi. Ada 36 kitab hadits yang menukilkan hadits tentang Imam Mahdi, di antaranya Sunan An-Nasa’i, Sunan Abu Dawud, Sunan Tirmidzi dan Sunan Ibnu Majah. Demikian pula tertulis dalam Musnad Imam Ahmad, Shahih Ibnu Hibban dan Mustadrak Al-Hakim. (Lihat: Al-Qiyamah As-Sughra, hal 216). 

Di antara ahli hadis yang meriwayatkan hadis tentang Al-Mahdi adalah Abu Daud, Al-Tirmidzi, Ibnu Majah, Al-Hakim, Al-Thabarani, dan Abu Ya’la. Sanad hadis mereka sampai pada sejumlah sahabat seperti Ali bin Abi Thalib, Ibnu Abbas, Ibnu Umar, Thalhah, Abdullah bin Mas’ud, Abu Hurairah, Abu Sa’id Al-Khudri, Ummu Habibah, Ummu Salamah, Tsauban, Qurrah bin Iyas, Ali Al-Hilali, Abdullah bin Haris bin Jaz’i. Sanad yang menghubungkan antara ahli hadis dengan para sahabat bernaneka macam kualitasnya. Ada yang sahih, hasan, dan adapula yang daif (Aun Al-Ma’bud Syarah Sunan Abi Daud, jilid 11, hlm. 243). Al-Mubarakfuri (w. 1353 H.) menyatakan bahwa ada banyak sekali riwayat tentang Al-Mahdi. Kebanyakan berstatus daif. (Tuhfat Al-Ahwadzi Syarah Sunan Al-Tirmidzi, jilid 6, hlm. 402). 



Diantara hadits tersebut: 

Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam mengabarkan, 

المهدي مني أجلى الجبهة أقنى الأنف يملأ الأرض قسطاً وعدلاً كما مُلئت جوراً وظلماً يملك سبع سنين 

“Al-Mahdi berasal dari keturunanku, dahinya lebar, hidungnya mancung. Dia akan memenuhi bumi ini dengan keadilan, setelah sebelumnya penuh dengan kekejaman dan kezaliman. Dia akan menguasai dunia ini selama tujuh tahun.” (HR. Abu Dawud dan yang lainnya) 

Dari Abu Said Al-Khudri radhiyallahu ’anhu, beliau berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, 

منا الذي يصلي عيسى ابن مريم خلفه 

“Dari keturunanku nanti akan ada yang menjadi Imam shalat untuk Isa bin Maryam (yakni Imam Mahdi).” (HR. Abu Nu’aim, dinilai shahih oleh Syaikh Albani) 

Al-Tirmidzi meriwayatkan tiga hadis tentang Al-Mahdi. Salah di antaranya bersumber dari sahabat Abdullah bin Mas’ud.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا تَذْهَبُ الدُّنْيَا حَتَّى يَمْلِكَ العَرَبَ رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ بَيْتِي يُوَاطِئُ اسْمُهُ اسْمِي 

Dari Abdullah bin Mas’ud yang mengatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak kiamat dunia ini sampai seorang laki-laki dari ahli baitku menguasai bangsa Arab. Namanya sesuai dengan namaku. (HR. Al-Tirmidzi) 

Dapat dipahami beberapa ciri Al-Mahdi. Pertama, berasal keturunan keluarga Nabi saw. Kedua, dia akan menguasai bangsa Arab atau seluruh dunia Islam menurut sebagian penafsiran. Ketiga, namanya sesuai dengan nama Nabi saw. Muhammad bin Abdullah. 

Hadis Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ’anhu bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wasallam bersabda,

يخرج في آخر أمتي المهدي ، يسقيه الله الغيث ، وتخرج الأرض نباتها ، ويعطي المال صحاحا، وتكثر الماشية ،وتعظم الأمة ، يعيش سبعا ، أو ثمانيا ، يعني حججا 

“Pada akhir umatku akan keluar Al-Mahdi. Allah menurunkan hujan kepadanya, bumi menumbuhkan tanamannya, harta dibagi-bagikan, banyaknya binatang ternak dan umat ini menjadi mulia. Dia akan hidup selama tujuh atau delapan tahun; yaitu tujuh atau delapan musim haji.” (HR. Al-Hakim, disepakati oleh Adz-Dzahabi) 

Hadits Ummu Salamah radhiyallahu ’anha, beliau pernah mendengar Nabi shallallahu ’alaihi wasallam bersabda, 

المهدي من عترتي من ولد فاطمة 

“Mahdi muncul dari anak keturunanku, melalui jalur keturunan Fathimah.” (HR. Abu Dawud) 

لا تنقضي الدنيا حتى يملك العرب رجل من أهل بيتي يواطئ اسمه اسمي 

“Dunia ini tak akan berakhir sampai jazirah Arab dikuasai oleh seorang dari ahli baitku. Namanya menyamai namaku.” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud) 

Dalam riwayat Abu Dawud dinyatakan,

يواطئ اسمه اسمي واسم أبيه اسم أبي 

“Namanya sama dengan namaku, demikian pula nama ayahnya sama dengan ayahku.” 

Berdasarkan dari hadits-hadits dengan kehadiran Sang imam ditengah umat-umat islam dapat ditarik kesimpulan bahwa:
  • Kemunculan Imam Mahdi adalah tanda dekatnya kiamat besar.
  • Imam Mahdi akan menjadi khalifah di muka bumi selama 7 atau 8 musim haji. Pada masa kepemimpinan beliau, keadilan dan kesejahteraan akan tersebar di seluruh penjuru bumi. 
  • Imam Mahdi berasal dari garis keturunan Rasulullah. Tepatnya pada keturunan putri beliau Fatimah. Namanya sama dengan nama Rasulullah, nama ayahnya juga sama dengan nama ayah Rasulullah. 
  • Ciri fisik beliau, beliau memiliki hidung yang mancung, dahi yang lebar. 
  • Beliau akan mengimami shalat yang dimakmumi oleh Nabi Isa ‘alaihissalam. 
Dan Allah Maha tahu yang benar atau yang sebenarnya.
Wallahua’lam bis shawab.

Referensi : bincangsyariah.commuslim.or.id.

You May Also Like

0 komentar