Skripsi

by - Oktober 01, 2018

PERANCANGAN JARINGAN WIRELESS PROXY SERVER
SEBAGAI SARANA INTERNET MENDIDIK DAN PENGGUNAAN
SMS GATEWAY SEBAGAI NOTIFIKASI STATUS
ROUTERBOARD MIKROTIK MENGGUNAKAN 
RB951UI-2HND
STUDI KASUS SMA NEGERI 2 MAMUJU


INTISARI 
Proxy server saat ini sudah mulai banyak digunakan di berbagai perusahaan maupun sekolah di Indonesia. Pemakaian proxy server sejalan dengan banyaknya perusahaan yang memanfaatkan teknologi informasi, salah satunya yang paling popular saat ini adalah internet.

Penggunaan internet di sekolah sebagai sarana mendidik dan untuk memudahkan untuk siswa mengakses informasi masih banyak disalahgunakan untuk kegiatan seperti bermain game online, video streaming, dan media social, akibatnya bandwidth internet yang disediakan oleh sekolah yang dibeli dari provider internet selalu mengalami kekurangan dan tidak pernah bisa memenuhi kebutuhan akan bandwidth internet. Untuk mengatasi masalah ini diperlukan manajemen pemakaian tekonologi informasi, dan proxy server merupakan salah satu solusi yang digunakan, dimana dengan menggunakan proxy server pihak sekolah akan dapat melakukan kontrol terhadap bandwidth, dan akses siswa terhadap situs tertentu yang dianggap merugikan dapat dihentikan, serta mengurangi serangan virus, worm, spyware, dan DDOS (Distributed Denial of Service).

Monitoring terhadap status Routerboard mikrotik haruslah dilakukan setiap waktu untuk mencegah adanya keluhan pengguna jika sewaktu-waktu internet mengalami masalah. Terkadang ada masalah yaitu terbatasnya sumber daya manusia yang dimiliki sebuah sekolah untuk melakukan monitoring. Oleh karena itu, salah satu solusi paling baik untuk mengatasi ini dengan memanfaatkan SMS Gateway sebagai notifikasi status kepada admin jika sewaktu-waktu routerboard mikrotik mengalami masalah, sehingga masalah dapat dengan segera diatasi tambah adanya keluhan. 

Kata Kunci : Gateway, provider, proxy server, bandwidth, mikrotik

You May Also Like

0 komentar